Setelah merayakan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, saatnya melaksanakan puasa syawal 2023. Kapan jadwalnya? Apakah boleh dilakukan dengan tidak berurutan? Perlengkapan Paketseminar.com apa saja yang harus dimiliki saat berpuasa? Ini dia penjelasannya.

BACA JUGA: Yang baru dari katalog produk souvenir Paketseminar.com

Puasa Syawal 2023

Setelah melaksanakan puasa Ramadan 30 hari, umat muslim merayakan hari Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal. Di bulan ini ada ibadah sunah yang memiliki keutamaan yang cukup besar yaitu puasa syawal.

Puasa syawal merupakan puasa sunah yang dilakukan di bulan syawal dalam penanggalan bulan hijriah.

Keutamaan Puasa Syawal 2023

Puasa syawal 2023 memiliki keutamaan yang luar biasa seperti:

1. Mendapatkan pahala satu tahun berpuasa

Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah bersabda “Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka baginya pahala berpuasa satu tahun penuh”

2. Penyempurnaan puasa Ramadan

Sama seperti ibadah sunah yang melengkapi ibadah wajib pada umumnya. Melaksanakan puasa syawal sama artinya dengan menyempurnakan ibadah puasa Ramadan.

3. Menjaga konsistensi ibadah

Setelah satu bulan beribadah di bulan Ramadan, diharapkan ketekunan beribadah tidak terputus. Salah satu upaya menjaga konsistensi ibadah selama di bulan Ramadan dengan menjalankan puasa syawal 20233.

Jadwal Puasa Syawal 2023

Hari raya Idul Fitri 2023 ditetapkan pada tanggal 22 April 2023. Puasa syawal dilaksanakan sejak tanggal dua syawal hingga berakhirnya bulan syawal.

Dalam penanggalan masehi jadwal puasa syawal 2023 dimulai dari 23 April 2023 hingga enam hari setelahnya atau hingga 28 April 2023 dan sebaiknya dilakukan enam hari berurutan di awal bulan syawal. Namun, diperbolehkan juga untuk melaksanakannya tidak berurutan dan tetap mendapatkan keutamaan yang sama serta boleh dilakukan di hari sabtu dan minggu.

Perlengkapan yang Harus Dimiliki Saat Puasa Syawal 2023

Puasa syawal 2023 dilakukan H+1 hingga hari ketujuh atau di sepanjang bulan syawal dalam penanggalan hijriah dan biasa dilakukan setelah setelah liburan hari raya Idul Fitri. Agar melaksanakannya tetap kondusif, perlengkapan pribadi untuk menunjang aktivitas ibadah puasa harus dimiliki. Apa saja? Berikut rekomendasinya:

1. Tumbler

tumbler minum dapat dibawa saat keluar rumah untuk menampung minum selama puasa syawal
Berbuka puasa lebih nyaman dengan tumbler yang bisa menyimpan minuman dengan suhu yang diinginkan

Berpuasa saat beraktivitas normal membutuhkan tumbler atau tempat minum untuk menyimpan minuman saat berbuka puasa.

Tumbler dengan isolasi suhu yang baik berguna untuk menyimpan minuman favorit agar tetap hangat atau dingin walau disimpan selama berjam – jam.

Salah satu tumbler yang direkomendasikan untuk dimiliki adalah tumbler Bounce Paketseminar.com. Tumbler ini berbahan dasar stainless steel yang aman dan awet digunakan.

Dengan kapasitas 500ml, tumbler Bounce cocok digunakan untuk menyimpan minuman saat rapat di luar kantor. Tak perlu khawatir pengguna tetap rapat walaupun waktu berbuka mepet karena sudah memiliki minuman untuk membatalkan puasa.

2. Mug

mug stainless degan aksen kulit sintetis dilengkapi filter, mug untuk menemani minum saat buka puasa syawal
Siapkan mug untuk berbuka puasa di kantor

Puasa syawal kebanyakan dilakukan saat aktivitas pekerjaan kembali seperti semula. Berbuka puasa saat melakukan pekerjaan terkadang tidak bisa dihindari.

Mug stainless Paketseminar.com terbuat dari stainless steel yang menghindari mug dari karatan. Mug ini berkapasitas 450ml dengan lapisan kulit dan saringan yang berguna untuk menyaring ampas agar tidak tercampur dengan minuman saat dikonsumsi.

3. Pouch laptop Thine

Sleeve laptop atau sarung laptop yang bisa dipakai sebagai tatakan mouse
Pouch laptop Thine melindungi laptop dari makanan dan minuman saat berbuka puasa

Menjelang berbuka, umat muslim yang berpuasa akan menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka.

Kadang waktu berbuka bersamaan dengan aktivitas bekerja di depan laptop. Pouch laptop Thine dibutuhkan untuk menjaga laptop agar tidak terkena percikan makanan dan minuman.

Pouch laptop Paketseminar.com ini terbuat dari kulit sintetis yang memiliki tampilan menawan dan eksklusif. Tak hanya berfungsi melindungi laptop dari debu dan guncangan, pouch laptop thine berfungsi sebagai mouse pad.

Butuh pouch laptop Thine segera?

Paketseminar.com bisa memproduksi pouch laptop Thine dalam waktu singkat.

Pouch ini termasuk ke dalam souvenir ready stock yang siap diantar ke tempat tujuan dalam waktu dua hingga tiga hari kerja.

4. Goodie bag

tas goodiebag jadi pilihan menemani pergi saat puasa syawal
Simpan makanan dan minuman untuk berbuka puasa di goodie bag Paketseminar.com

Agar berbuka puasa tetap lancar, pastikan makanan dan minuman tersedia saat dibutuhkan.

Simpan makanan dan minuman di goodie bag Paketseminar.com setelah selesai berbelanja. Saat waktu berbuka puasa syawal tiba, pengguna bisa langsung mengkonsumsi makanan dan minuman yang tersedia.

Goodie bag ini bisa digunakan saat bepergian karena praktis dan nyaman digunakan. Selain itu, lebih ramah lingkungan.

5. Perlengkapan makanan

foodset salah satu barang wajib dibawa kemanapun apalagi jika sedang bepergian
Food set siap menemani pengguna berbuka puasa di mana saja

Umat muslim yang menjalankan puasa tidak perlu khawatir sulit makan makanan berat karena tidak memiliki food set.

Cutlery set Paketseminar.com terdiri dari peralatan makan besi sendok, garpu, sumpit, sedotan, pembersihnya, dan wadah.

Food set ini bisa dibawa bepergian atau disimpan di dalam kantor. Nama pengguna atau logo perusahaan bisa ditampilkan di permukaan wadah food set. Sehingga food set bisa digunakan juga sebagai media branding perusahaan atau kelembagaan.

Kesimpulan

Puasa syawal memiliki keutamaan luar biasa yang dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadan. Puasa ini tetap bisa dilakukan walau tidak berurutan karena memiliki keutamaan yang sama.

Pastikan memiliki dan membawa perlengkapan wajib selama berpuasa agar puasa tetap nyaman dan lancar dijalankan walau kesibukan bekerja tetap ada.

Untuk perusahaan atau kelembagaan yang ingin membagikan souvenir untuk membantu ibadah puasa syawal. Paketseminar.com menawarkan souvenir new product yang memiliki desain trendi dan terbuat dari bahan berkualitas.

Yuk, segera hubungi sales eksekutif Paketseminar.com untuk pesan souvenir perusahaan bermanfaat yang mendukung aktivitas ibadah karyawan dan mitra usaha.

CEK INSPIRASI LAINNYA: