Imlek merupakan hari pergantian tahun dalam kalender Cina. Di Tahun Baru ini, semua orang berkumpul dan bersuka cita bersama. Lalu, apa saja yang menarik di hari raya imlek 2023?

BACA JUGA: 5 karakteristik souvenir untuk customer yang disukai

Tanggal Hari Raya Imlek 2023

Tahun ini, hari raya imlek diperingati pada tanggal 22 Januari 2023. Hari perayaan imlek berubah setiap tahunnya, namun selalu berada di antara bulan Januari dan Februari.

Hari raya imlek ditentukan berdasarkan perhitungan siklus bulan.

Setiap tahunnya, tahun baru diwakili oleh salah satu dari dua belas hewan yaitu, anjing, babi/ babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga ular, kuda, domba, monyet, dana yam jago. Untuk tahun ini merupakan tahun kelinci dalam kalender Cina.

Berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, hari raya imlek yang jatuh di hari Minggu mendapat tambahan cuti bersama di hari berikutnya atau tanggal 23 Januari. Sehingga, bagi masyarakat yang merayakan mendapat hari tambahan bersama keluarga.

Kirimkan kartu ucapan hari raya imlek kepada kerabat, karyawan, konsumen, dan mitra usaha yang merayakan untuk menjaga hubungan baik, memberikan kesan istimewa yang personal, dan sebagai media promosi perusahaan.

Shio di Imlek 2023 dan Maknanya

kelinci air simbol hari raya imlek 2023
Simbol hari raya imlek 2023 adalah kelinci air

Berdasarkan kalender Cina, tahun ini merupakan tahun kelinci, tepatnya kelinci air.

Dalam budaya Tionghoa, kelinci merupakan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan dan pemulihan setelah pandemi covid melanda seluruh dunia di tahun 2021 – 2022.

Menurut kepercayaan, orang – orang yang lahir di tahun 2023, 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951, 1939, 1927, … dan seterusnya disebut bershio kelinci.

Orang dengan shio kelinci diyakini memiliki sifat waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Berdasarkan astrologi Cina, kelinci diramalkan sebagai mahluk yang lembut,  pendiam, anggun, waspada, cepat, terampil, baik hati, sabar, dan bertanggung jawab.

Yang Harus Dilakukan Saat Hari Raya Imlek

Sama seperti hari raya besar lainnya, hari raya imlek memiliki aktivitas yang harus dilakukan oleh keluarga tanpa terkecuali.

Aktivitas ini dilakukan untuk membawa keberuntungan dan menjauhkan dari kemalangan, apa saja?

1. Mengirimkan hampers hari raya imlek

Ilustrasi wanita sedang memberikan hampers di hari raya imlek
Berikani hampers hari raya imlek kepada karyawan, mitra usaha, dan konsumen yang merayakan

Tidak afdol rasanya merayakan hari raya imlek tanpa mengirimkan hampers kepada kerabat, sahabat, mitra usaha, karyawan, dan konsumen loyal yang merayakan.

Hampers di hari raya akan membawa keceriaan bagi penerimanya. Di awal tahun 2023 ini, semua orang membuka lembaran baru dan kembali melakukan aktivitas bekerja dan lainnya.

Hampers yang berfungsi untuk meningkatkan produktifitas bekerja, seperti tas backpack bull, buku agenda, pulpen stylus, dan pouch laptop Thine sudah pasti akan digunakan penerima untuk menunjang aktivitas sehari – hari.

Sedangkan hampers seperti tumbler dan pouch kulit Caiza berguna saat penerima bekerja di luar ruangan atau melakukan perjalanan di luar kota. Pouch membantu pengguna menyimpan benda berukuran lebih kecil agar tak tercampur dengan benda lainnya.

Hampers makanan akan semakin cantik dengan goodie bag raya yang dikombinasikan dengan mika transparan dan jaring. Goodie bag ini juga berukuran besar dan terbuat dari bahan longchamp yang kuat dan anti air, sehingga dapat menyimpan makanan dalam jumlah banyak tanpa khawatir kebasahan.

Hampers imlek yang dikirimkan bisa menjadi merchandise promosi perusahaan karena menampilkan logo atau brand perusahaan yang bisa dilihat dengan jelas oleh penerima.

Tak hanya itu, mengirimkan hampers imlek juga akan meningkatkan citra positif perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan konsumen setia, karyawan, mitra usaha yang loyal.

2. Membersihkan dan mendekorasi rumah dengan warna merah

Agar perayaan imlek semakin meriah, membersihkan dan mendekorasi rumah dengan ornamen berwarna merah merupakan keharusan.

Warna merah melambangkan keberuntungan dan kemeriahan. Warna ini senantiasa hadir saat momen kebahagiaan seperti kelahiran bayi, pindah rumah, memulai usaha, dan tak lupa ulang tahun.

3. Mengunjungi kerabat yang lebih tua

Angpao menjadi salah satu tradisi yang paling ditunggu saat perayaan imlek

Hari raya imlek tak lengkap jika belum berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga yang lebih tua.

Momen imlek selalu menjadi momen berkumpulnya para sanak saudara untuk saling bersilahturahim dan bertukar kabar.

Hari imlek 2023 bertepatan setelah ppkm dicabut. Tentu akan banyak keluarga berdatangan. Walaupun pandemic telah usai, tidak ada salahnya meningkatkan perlindungan kesehatan dengan perlengkapan new normal.

Lindungi keluarga saat merayakan imlek dengan memberikan starter pack new normal Paketseminar.com saat berkunjung ke tempat orang tua dan sanak saudara. Starter pack ini terdiri dari pouch, masker, sanitizer, dan tisu yang merupakan perlindungan awal kesehatan dari serangan virus.

Jika isi pack new normal habis, pouch bisa diisi kembali dan dibawa saat bepergian

4. Makan malam Bersama

Ilustrasi makan bersama saat hari raya imlek bersama keluarga
Makan malam bersama merupakan agenda wajib setiap hari raya imlek

Saat semua anggota keluarga berkumpul di rumah orang tua atau keluarga tertua. Tradisi makam malam bersama menjadi acara wajib saat perayaan imlek.

Makan bersama menyantap sajian khas imlek memiliki makna pengikat, pemersatu, dan perekat ikatan keluarga.

Acara makan malam bersama ini juga bisa dijadikan momen untuk memberikan bingkisan hari raya imlek. Bingkisan perlengkapan makan dan minum seperti tumbler Paketseminar.com akan dikenang sebagai hampers imlek unik dan bermanfaat.

Gunakan tumbler berwarna merah agar makna hari raya imlek semakin terasa.

Kesimpulan

Perayaan hari raya imlek akan menjadi awalan yang baik untuk memulai lembaran baru di tahun kelinci air.

Harapan akan pemulihan kehidupan perekonomian dan sosial dari pandemi covid akan menjadi motivasi untuk melakukan yang terbaik.

Berikan hampers raya imlek terbaik untuk meriahkan sekaligus menyemangati karyawan, kerabat, pelanggan, dan mitra usaha agar semakin berjaya di tahun 2023.

Tidak memiliki waktu yang cukup untuk persiapkan hampers imlek 2023? Jangan khawatir, souvia menawarkan souvenir ready stock yang bisa dikirim dalam waktu singkat.

Kunjungi laman souvenir ready stock untuk beragam pilihan bingkisan imlek yang sesuai dengan budget dan kebutuhan perusahaan. Souvenir ini akan siap dikirim ke alamat tujuan hanya dalam dua hingga tiga hari kerja.

Walaupun diproses dengan cepat, branding tetap dilakukan untuk kebutuhan promosi perusahaan. Tunggu apa lagi, hubungi sales eksekutif Paketseminar.com sekarang!

CEK INSPIRASI LAINNYA: