Ilustrasi booth di pameran dari berbagai bidang

Pameran bertujuan untuk memperlihatkan hasil karya seni atau produksi kepada masyarakat luas. Agar pameran diketahui dan dilihat banyak orang, dibutuhkan souvenir atau merchandise untuk mengikat hati pengunjung. Yuk, intip 8 rekomendasi souvenir pameran bermanfaat dan unik rekomendasi Paketseminar.com!

BACA JUGA: Seminar kit unik dari premium hingga ekonomi

Pameran dan Fungsinya

Ilustrasi orang mendatangi pameran karya seni
Pameran bukan hanya menunjukan hasil karya, namun juga sebagai ajang edukasi dan rekreasi

Pameran merupakan salah satu pertunjukan karya seni atau hasil produksi kepada masyarakat luas agar lebih dikenal dan diapresiasi banyak orang.

Selain sebagai sarana promosi atau mengkampanyekan suatu hal, pameran memiliki empat fungsi seperti, sarana edukasi, apresiasi, prestasi, dan rekreasi.

Pameran sebagai sarana edukasi diharapkan mampu memberikan edukasi atau pengetahuan kepada para pengunjungnya. Adanya pameran memberikan ruang bagi masyarakat lebih luas atau pengunjung pameran untuk mengapresiasi hasil karya seni yang telah dilahirkan dengan membeli atau menuliskan komentar positif mengenai hasil karya seni tersebut.

Pertunjukan hasil karya seni yang dipamerkan menjadi prestasi bagi pembuatnya. Melalui pameran, penyelenggara pameran akan menunjukan kepada orang lebih banyak hal – hal yang telah dilakukan atau diraih seseorang. Sedangkan bagi pengunjung, pameran menjadi momen relaksasi dan rekreasi karena menyenangkan.

Penyelenggara dapat memberikam greeting card Paketseminar.com untuk menyambut para pengunjung yang datang ke acara pameran. Beri sentuhan personal pada souvenir pameran untuk membuat hati tamu undangan lebih hangat.

Jenis –Jenis Pameran

Pameran dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jumlah peserta pameran, sifat, ragam jenis karya yang digelar, tempat yang digunakan, dan dimensi karya seni rupa.

Pameran berdasarkan jumlah peserta pameran dibagi menjadi pameran tunggal, kelompok, restopeksi, dan desain. Sedangkan berdasarkan sifatnya, pameran dikelompokan menjadi pameran incidental, rutin, dan permanen.

Pameran menurut ragam jenis karya yang digelar diklasifikasikan menjadi pameran homogen dan heterogen.

Pameran terbuka, tertutup, dan bergerak merupakan jenis pameran berdasarkan tempat yang digunakan. Sedangkan pameran dimensi karya seni rupa dibedakan menjadi pameran dua dan tiga dimensi.

Apapun jenis pameran yang dilakukan, pastikan pengunjung tetap antusias dan mengingat pameran yang dikunjungi. Stiker Paketseminar.com bisa menjadi media branding dan kampanye bagi pengunjung yang datang ke pameran.

Pilihan Souvenir Pameran

Penyelenggara harus mempersiapkan souvenir pameran agar para tamu dan pengunjung berkesan terhadap pameran yang diadakan.

Souvenir yang diberikan dapat mewakili rasa terima kasih penyelenggara kepada para pengunjung. Tak hanya itu, adanya souvenir dapat menjadi media kampanye yang tepat bagi masyarakat luas.

Berikut ini, paketseminar.com akan memberikan delapan rekomendasi souvenir pameran yang dapat digunakan saat pameran berlangsung dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari – hari:

1. Buku Agenda

buku agenda kulit sintetis leona dapat dijadikan souvenir pameran
Paketseminar.com dapat menyulap buku agenda menjadi katalog pameran

Buku agenda yang terdiri dari banyak lembar kertas dapat digunakan sebagai katalog pameran bagi pengunjung. Tempatkan gambar dan informasi mengenai objek pameran yang dipamerkan dalam buku agenda.

Pengunjung akan melihat dan membaca buku agenda yang diberikan untuk mendapat informasi mengenai objek pameran. Buku agenda Paketseminar.com yang terdiri dari cover kulit sintetis dengan jilid spiral dapat digunakan kembali untuk buku jurnal harian pengunjung. Penerima hanya perlu mengganti lembar kertas yang sudah penuh tulisan dengan yang baru. Brand yang tertulis pada cover buku agenda akan terus diingat oleh penerima souvenir.

2. Goodie Bag atau Tote Bag

tote bag transparan bisa jadi pilihan yang tepat untuk souvenir pameran karena menunjukkan barang di dalamnya
Penyelenggara dapat memperlihatkan isi goodie bag untuk menarik perhatian pengunjung

Goodie bag atau tote bag diperlukan untuk membawa katalog pameran atau perlengkapan pameran lainnya.

Jika pameran menyelenggarakan pameran produk makanan atau lainnya, panitia dapat memberikan tote bag transparan kepada pengunjung.

Tote bag yang terbuat dari bahan Longchamp kombinasi mika dan jaring akan memperlihatkan sample produk yang diberikan kepada pengunjung yang hadir. Adanya sample produk atau souvenir yang terlihat dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke pameran.

3. Pulpen

highlighter untuk souvenir perusahaan dapat bermanfaat dalam menunjang kebutuhan kantor
Highlighter dapat membantu pengunjung menandai katalog pameran

Pulpen akan membantu pengunjung pameran mencatat hal – hal penting selama pameran berlangsung.

Selain pulpen, penyelenggara dapat memberikan highlighter Paketseminar.com untuk menggaris – bawahi hal – hal yang perlu diingat pada katalog pameran.

Pulpen atau highlighter yang diberikan dapat disimpan dan digunakan kembali oleh pengunjung. Branding pada alat tulis tersebut akan mengingatkan penerima terhadap pameran yang pernah dikunjungi.

4. Tumbler

tumbler minum dengan metode branding insert paper sering dijadikan souvenir pameran
Botol minum tumbler merupakan souvenir pameran yang kerap kali dberikan

Pameran bertemakan minuman akan lebih berkesan jika panitia menyediakan tumbler untuk mencicipi produk. Tumbler yang diisi dengan minuman yang dipamerkan akan membuat pengunjung tertarik dan juga minim sampah karena akan disimpan oleh pengunjung.

Tumbler minum Paketseminar.com yang diberi branding akan mengingatkan pengunjung pada perusahaan yang memproduksi minuman tersebut.

Selain itu, tumbler masih menjadi favorit souvenir semua orang karena dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan.

5. Pouch

pouch bag dapat menjadi souvenir pameran yang bermanfaat dan trendi
Sample produk bisa diberikan dengan pouch agar lebih rapi dan cantik

Pameran produk kecantikan atau skincare biasanya memberikan sample produk secara gratis kepada para pengunjung. Souvenir pameran berupa pouch akan membantu penyelenggara menyimpan sample ukuran mini yang akan diberikan kepada pengunjung.

Pouch Blues Paketseminar.com yang berdesain simple dengan dua kompartemen akan menjadi wadah yang tepat untuk sampe produk yang dipamerkan.

6. Flashdisk / USB

giftset yang terdiri dari flashdisk memberikan kesan yang menarik dan mahal
Contoh giftset yang terdiri dari USB dan souvenir lainnya yang dapat diproduksi custom

Pameran yang menunjukan hasil kerja yang dilakukan dalam jangka waktu lama memiliki catatan yang panjang yang tidak bisa dituliskan dalam katalog.

Informasi seputar pameran dapat disimpan di USB yang dibagikan kepada pengunjung. USB dapat digabung dengan souvenir lainnya dalam giftset Paketseminar.com yang berisi pouch, USB, dan pointer. Untuk memudahkan Anda, giftset dapat dibuat custom sesuai dengan kebutuhan, tema acara, dan budget.

7. Nametag

name tag kulit dapat digunakan sebagai tanda pengenal saat pameran
Nametag kulit yang diberikan sebagai ID card saat pameran dapat digunakan kembali

Orang – orang yang berada di pameran bukan hanya pengunjung, namun juga ada panitia, tamu kehormatan, dan pembuat objek pameran.

Agar satu sama lain saling mengenal, diperlukan ID card sebelum masuk ke dalam acara pameran. ID card yang diberikan bisa dalam bentuk nametag kulit yang dapat digunakan kembali oleh penerimanya. Tak hanya itu, branding pada permukaan nametag akan dilihat dan dibaca oleh penerima.

8. Starter pack new normal

Salah satu contoh new normal kita yang dipakai model
Ciptakan kesan positif dengan berikan starter pack new normal kepada pengunjung pameran

Kondisi pandemi yang sudah jauh membaik harus tetap dijaga agar tidak terjadi gelombang penderita covid – 19.

Panitia dapat ikut serta dalam program pemerintah untuk mempertahankan kondisi yang sudah sangat baik ini dengan membagikan starter pack new normal. Paket ini terdiri dari masker, pouch 3 in 1, pouch Selenia, dan face shield.

Masker dan faceshield dapat digunakan selama acara pameran berlangsung, sedangkan pouch dapat digunakan kembali untuk membawa perlengkapan pandemi saat bepergian. Memberikan souvenir pameran berupa paket new normal akan memberikan kesan positif bagi penyelenggara karena perduli terhadap para pengunjung pameran.

Dengan memberikan souvenir pilihan diharapkan pengunjung mengingat dan berkesan akan pameran yang diselenggarakan. Tak hanya itu, souvenir dapat menjadi ucapan terima kasih atas kehadiran pengunjung.

Kedelapan jenis souvenir tersebut dapat dijadikan souvenir pameran unik dengan dibuat custom dan dipesan secara pre order. Jika butuh souvenir best seller dalam waktu singkat, segera kunjungi laman ready stock. Proses mudah dan cepat, hanya tiga hari kerja.

CEK INSPIRASI LAINNYA: