Contoh desain kalender 2023

Penghujung tahun akan segera tiba. Saatnya mempersiapkan souvenir cetak kalender Paketseminar.com sebagai souvenir akhir tahun Anda. Yuk, kenal lebih dekat dengan kertas bahan baku kalender!

Baca juga: 3 hal yang pengaruhi harga kalender dinding 

Kalender dan fungsinya

Kalender menjadi salah satu benda wajib yang harus ada di meja kerja maupun di rumah. Kalender berfungsi memberikan informasi penanggalan sepanjang tahun. 

Tak hanya itu, kalender juga digunakan sebagai media promosi yang efektif karena memberikan waktu bagi penerima untuk melihat kalender. Logo atau informasi yang ada di permukaan kalender perlahan akan membekas di ingatan penerima.

Agar target marketing tercapai, gunakan souvenir cetak kalender murah sebagai souvenir kantor wajib di akhir tahun.

Jenis – jenis kalender

kalender dinding triwulan tanpa cover finishing klep seng
Kalender dinding cukup banyak digunakan sebagai media kampanye

Ada dua jenis kalender yang sering digunakan, kalender dinding dan kalender meja.

Kalender dinding yang senantiasa digantung biasanya digunakan di rumah karena tidak membutuhkan ruang khusus. Kalender jenis ini cocok digunakan sebagai media kampanye karena logo atau gambar yang tertera akan terlihat jelas dan tajam.

Sedangkan kalender meja lebih sering digunakan di kantor karena bentuknya yang bisa dicoret dan ditempatkan di meja.

Keduanya bisa diproduksi custom sesuai budget dan kebutuhan. Bersama Paketseminar.com, ciptakan souvenir cetak kalender meja dan dinding yang unik untuk diberikan kepada orang – orang terbaik Anda.

Jenis kertas yang digunakan untuk pembuatan souvenir cetak kalender

Dalam dunia percetakan beragam jenis kertas digunakan sesuai dengan kebutuhan, rancangan, dan anggaran yang digunakan. 

Jenis kertas seperti duplex, HVS, art carton, art paper, ivory, samson craft, BW, yupo, concord, matte paper, vinyl, dan splendorgel kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan kartu nama, undangan, paper bag, dan juga flyer atau brosur.

Dari sekian banyak kertas tersebut, beberapa di antaranya digunakan untuk souvenir cetak kalender. Apa saja? Simak yuk!

1. Art paper

kertas art paper merupakan kertas yang dipilih untuk membuat kalender dinding
Tampilan kertas art paper yang mengkilap dapat dicetak full print

Jika dipandang sekilas, art paper mirip dengan matte paper dan art carton. Namun art paper memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki keduanya.

Art paper merupakan salah satu jenis kertas coated atau berlapis. Ketebalan yang dimiliki berkisar antara 85 gram – 150 gram. Kertas ini memiliki permukaan licin, halus, berdaya serap rendah, dan memiliki lapisan di kedua sisinya.

Lapisan glossy yang biasa digunakan pada kertas art paper menyebabkan kertas ini sulit untuk ditulis. Namun art paper akan menghasilkan cetakan yang mengkilap dan tegas. Sehingga tepat dijadikan bahan baku pembuatan flyer dan brosur yang harus menampilkan gambar yang jelas.

Lapisan art paper akan membuat hasil cetakan tahan lama, anti air, dan tidak mudah kotor. Sifat art paper ini menjadi keuntungan untuk souvenir cetak kalender karena logo atau informasi perusahaan akan tetap melekat dalam jangka waktu yang lama.

Seperti kalender dinding Paketseminar.com yang terbuat dari art paper 150 gram dengan full color printing menghasilkan kalender menawan.

2. Art carton

Kertas art carton biasa diperuntukkan untuk membuat kalender meja
Art carton dengan berbagai macam tekstur permukaan untuk pembuatan kalender

Art carton memiliki karakteristik yang hampir sama dengan art paper, mengkilap di kedua sisinya. Hanya saja art carton memiliki lapisan lebih tebal. Art carton dibutuhkan untuk membuat produk yang kokoh, seperti kalender meja dan cover buku.

Ketebalan art carton berkisar antara 190 hingga 400 gsm. Namun yang sering digunakan sebagai bahan baku kalender adalah art carton 260 gsm.

Kalender meja Paketseminar.com merupakan salah satu contohnya. Kalender ini terbuat dari art carton 260 gram dengan jilid spiral. Jadikan kalender meja sebagai souvenir spesial kantor dengan mempersiapkannya jauh – jauh hari.

3. Ivory paper 

Kertas ivory merupakan kertas yang memiliki laminasi berbeda di kedua sisi yaitu glossy dan doff dapat digunakan sebagai souvenir cetak kalender
Kertas ivory selain untuk bahan kalender juga sering digunakan untuk pembuatan box makanan

Karakteristik ivory merupakan gabungan antara matte paper dan art carton. Berbeda dengan art carton yang berwarna putih di kedua lapisan, ivory berwarna agak gelap dan memiliki lapisan licin di satu sisi saja. Kedua sisi kertas ivory memiliki laminasi yang berbeda, laminasi glossy dan doff. 

Ivory paper sering digunakan sebagai bahan baku kotak kosmetik dan juga box makanan. Hal ini karena kertas ivory  telah memiliki sertifikasi food grade yang aman digunakan karena tidak mengandung bahan berbahaya.

Kertas ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena tidak mudah robek dan tebal. Ketebalan kertas ivory di antara kisaran 210 – 400 gsm.

4. Doff paper

Doff paper digunakan sebagai pembuatan souvenir cetak kalender
Kertas doff sebagai kertas yang tidak memantulkan cahaya

Doff paper merupakan kertas yang mudah menyerap tinta sehingga mampu menyembunyikan kualitas printer dan tinta tanpa memantulkan cahaya. Doff paper memiliki kesan eksklusif saat digunakan sebagai packaging.

Doff paper biasa digunakan untuk cetak foto karena hasil foto tidak lengket walaupun sering dipegang. Selain itu, doff paper akan membuat hasil cetakan terlihat bagus dan awet.

5. Duplex

Kertas duplex merupakan kertas yang satu sisi berwarna abu dan sisi lainnya berwarna putih diperuntukkan untuk sandaran souvenir cetak kalender
Kertas duplex memiliki warna lain di kedua sisi, satu sisi berwarna abu dan sisi lainnya berwarna putih

Duplex merupakan jenis kertas yang memiliki ketebalan cukup tinggi antara 250 hingga 400 gsm. Kertas ini memiliki beberapa jenis di antaranya, duplex board coated, duplex board white back, sudarshan cup stock, duplex ultra white coated premium board, dan duplex board uncoated boards.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan duplex sebagai kemasan produk, seperti kekakuan, kepadatan, ketebalan, arah serat kertas, kelembaban, tingkat kecerahan kertas, dan kehalusan permukaanya.

Dalam pembuatan souvenir cetak kalender, duplex digunakan sebagai sandaran kalender duduk bulanan Paketseminar.com agar kokoh.

Jenis dan jumlah kertas yang digunakan akan mempengaruhi harga kalender. Sebelum penghujung tahun tiba, persiapkan souvenir kalender 2023 dari sekarang untuk mendapatkan souvenir cetak kalender murah.

Butuh souvenir lain dalam waktu singkat? Cek ketersediaannya di laman ketersediaan souvenir ready stock dan segera hubungi sales eksekutif Paketseminar.com.

Cek inspirasi lainnya: