kalender dinding triwulan sebagai souvenir akhir tahun

Kalender merupakan barang yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari – hari. Benda yang biasanya digantung atau diletakan di meja ini memiliki fungsi yang tak tergantikan. Oleh karena itu, kalender dinding 2023 Paketseminar.com masih menjadi souvenir favorit perusahaan atau kelembagaan untuk dibagikan kepada konsumen, mitra usaha, maupun karyawan.

Kalender terbagi menjadi dua jenis, salah satunya kalender dinding. Sesuai dengan namanya, kalender dinding diletakan di dinding rumah maupun kantor. Kalender dinding Paketseminar.com lebih akrab di rumah – rumah karena penempatannya lebih sederhana.

Baca juga: Kalender bulanan 2023 ini pas untuk souvenir akhir tahun

Perhatikan Faktor yang Mempengaruhi Harga Kalender Sebelum Memesan

Kini cetak kalender dinding lebih mudah karena penyedia jasa percetakan kalender dinding sudah banyak. Bahkan di market place pun sudah ada.

Harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa pun beragam tergantung dari bahan baku hingga finishing. Sebelum memesan kalender dinding 2023, ada baiknya mengetahui hal – hal yang mempengaruhi harga kalender dinding. Apa saja? Simak yuk!

1. Kertas

beberapa contoh kertas art carton untuk pembuatan kalender meja
Kertas art carton untuk bahan dasar pembuatan kalender meja

Salah satu bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kalender dinding adalah kertas. Jenis kertas yang digunakan pun tidak sembarangan. Untuk mencetak kalender, jenis kertas art carton dan art paper menjadi pilihan utama.

Art carton sendiri biasa digunakan untuk mencetak kartu nama hingga kotak makanan. Di luar negeri, art carton lebih dikenal sebagai paper board. Art carton memiliki karakteristik tebal, tinta tidak mudah tembus, dan bisa dicetak di kedua sisi. Oleh karenanya art paper biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan kalender meja 2023.

kertas art paper merupakan kertas yang dipilih untuk membuat kalender dinding
Kertas art paper untuk bahan baku pembuatan kalender dinding

Untuk cetak kalender dinding Paketseminar.com lebih banyak menggunakan kertas art paper. Kertas ini memiliki tekstur halus dengan permukaan licin dan mengkilap di kedua sisinya. Karena sifat art paper yang tidak mudah menyerap tinta, gambar pada permukaan art paper terlihat lebih tajam, tahan lama, dan tidak mudah kusam.

Kalender dinding Paketseminar.com dicetak di kertas art paper 150 gram, sehingga kalender memiliki ketebalan yang pas.

2. Jumlah halaman

kalender dinding yang dapat dibuat di tempat cetak kalender
Kalender dinding dwiwulan biasanya terdiri dari 6-7 halaman

Kalender dinding memiliki variasi sesuai jumlah halaman. Umumnya terdapat empat jenis kalender dinding yang biasanya diproduksi yaitu, kalender dinding bulanan yang terdiri dari 12 – 13 halaman, kalender dwiwulan yang terdiri dari enam sampai tujuh halaman, kalender triwulan yang berisi tiga hingga empat halaman, dan kalender poster.

Jumlah halaman pada kalender dinding turut mempengaruhi harga cetak kalender dinding. Semakin banyak halaman yang dicetak, semakin tinggi harga yang dipatok.

Paketseminar.com mencetak kalender dinding bulanan, dwiwulan, triwulan, tanpa dan dengan cover. Harga kalender dinding dibanderol dengan kisaran harga Rp 24.400 untuk kalender dinding triwulan tanpa cover ­hingga Rp 67.400 untuk kalender bulanan dengan cover.

3. Finishing

contoh kalender dinding dengan finishing spiral
Dengan spiral, tampilan kalender lebih rapih

Dalam proses percetakan, terdapat beberapa finishing yang biasanya dilakukan seperti laminating, cutting, binding, dan jenis finishing lainnya. Fungsi finishing pada proses percetakan agar hasil percetakan lebih mulus dan rapi.

Kalender merupakan salah satu produk percetakan yang juga memiliki beragam finishing seperti laminasi dan binding (penjilidan).

1. Laminasi

Setiap finishing yang dipilih akan mempengaruhi harga kalender dinding 2023. Agar kalender dinding 2023 terlihat lebih menawan, laminasi diberikan di setiap lembar kalender.

Laminasi sendiri terdiri dari dua jenis, doff dan glossy. Laminasi glossy membuat permukaan lembar berkilau, licin, mengkilap, dan hasil cetakan lebih tajam. Tujuan dari laminasi glossy agar memikat orang untuk melihat hasil cetakan lebih dekat. Oleh karenanya biasa digunakan untuk cetak flyer atau brosur.

perbedaan laminasi glossy dan doff
Perbedaan laminasi glossy dan doff

Laminasi doff kebalikan dengan laminasi glossy. Laminasi doff membuat cetakan terlihat lebih redup dan eksklusif. Adanya laminasi doff pada lembaran kalender membuat gambar yang tercetak lebih mudah terlihat karena menyerap cahaya lebih baik.

2. Penjilidan

Selain laminasi, proses finishing binding atau penjilidan juga diberikan saat cetak kalender dinding. Pada kalender dinding ada dua jenis penjilidan yang biasa digunakan, klep seng dan juga spiral.

Penjilidan menggunakan spiral memiliki harga yang lebih tinggi dibanding klep seng. Kalender dinding triwulan Paketseminar.com menggunakan klep seng untuk menyatukan lembaran kalender. Sehingga harga yang ditawarkan lebih murah, Rp 24.400  per lembar.

kalender dinding triwulan tanpa cover finishing klep seng
Kalender dinding triwulan merupakan salah satu kalender yang finishingnya menggunakan klep seng

Cetak kalender dinding di Paketseminar.com lebih mudah dan murah. Anda tak perlu lagi memikirkan desain karena Paketseminar.com memberikan servis gratis desain dengan pemesanan minimal seratus buah.

Persiapkan kalender dinding 2023 perusahaan Anda dari sekarang. Segera hubungi sales executive Paketseminar.com sekarang juga!

Cek inspirasi lainnya: