Sertifikat pelatihan atau acara dapat menjadi dokumen pelengkap dalam melamar pekerjaan

Teknologi semakin berkembang, pun seseorang harus semakin meningkatkan kemampuan agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Sertifikat acara pelatihan yang diperoleh akan mampu mengukur kompetensi diri. Apa saja manfaat lainnya? Simak yuk!

BACA JUGA: Bingung memilih souvenir? Paket kalender aja

Jenis – Jenis Sertifikat

Sertifikat banyak jenisnya tergantung dari jenis pekerjaan maupun kepentingan. Secara umum, sertifikat yang didapatkan dalam dunia kerja maupun pengembangan sumber daya manusia terbagi menjadi dua, sertifikat pelatihan dan kompetensi.

1. Sertifikat pelatihan

Seseorang yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh kelembagaan atau perusahaan berhak memperoleh sertifikat pelatihan yang merangkum aktivitas pelatihan yang diikuti.

Sertifikat jenis ini tidak memiliki masa berlaku dan diterbitkan oleh lembaga pelatihan, pendidikan, atau konsultan.

Saat pandemi, tak sedikit pelatihan yang diadakan dalam jaringan (online). Peserta yang mengikutinya mendapatkan sertifikat pelatihan online sesuai dengan tema atau jenis pelatihan yang dibuat.

Agar peserta semakin mengingat kelembagaan yang mengadakan pelatihan, kirim sertifikat dengan merchandise bermanfaat seperti goodie bag atau buku agenda Paketseminar.com. Merchandise yang dapat digunakan sehari – hari akan mengingatkan peserta dengan kelembagaan yang mengadakan pelatihan.

2. Sertifikat kompetensi

Berbeda dengan sertifikat pelatihan, sertifikat kompetensi diadakan oleh lembaga sertifikasi profesi terakreditasi yang diakui oleh negara.

Sertifikat kompetensi memiliki masa berlaku yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi profesi berdasarkan jenis dan kompetensinya. Untuk mendapatkan sertifikat ini, seseorang diwajibkan lulus dalam uji kompetensi yang diselenggarakan.

Sertifikat kompetensi memiliki acuan yang jelas berdasarkan standar kompetensi kerja yang diakui oleh perusahaan. Oleh karenanya, tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat kompetensi karena seseorang harus menguasai bidang yang diuji.

berikan name tag kulit sebagai pelengkap ujian bagi peserta. Name tag kulit berdesain elegan dan tahan lama. Peserta uji kompetensi dapat menggunakan name tag berulang kali. Branding lembaga sertifikasi pun dapat dilakukan dengan aplikasi emboss.

Manfaat Sertifikat

Sertifikat sebagai bukti telah mengikuti program
Sertifikat pelatihan membuktikan kompetensi yang dimiliki oleh seseorang

Sertifikasi yang telah dilakukan akan dirangkum dalam sertifikat yang diberikan. Sertifikat pelatihan dan kompetensi mencantumkan jenis pelatihan dan kompetensi yang dimiliki peserta.

Jenis pelatihan atau uji kompetensi tidak bisa sembarangan karena disesuaikan dengan keterampilan yang harus dimiliki oleh karyawan. Untuk itu, sertifikat pelatihan memiliki banyak manfaat. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Menambah pengetahuan dan kompetensi

Sertifikat pelatihan dan kompetensi diperoleh melalui serangkaian pelatihan atau ujian akan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan yang bermanfaat bagi peserta.

Selama proses pendidikan dan ujian, peserta dilatih dan diuji sesuai dengan jenis yang dipilih. Perlahan namun pasti, peserta yang mengikuti pelatihan akan mengingat strategi dan keahlian yang harus dilakukan agar dapat menghadapi tantangan di dunia kerja.

Sedangkan peserta yang lulus ujian kompetensi akan menambah daftar kompetensi yang dimiliki. Untuk mendapatkan sertifikat kompetensi tidaklah mudah, peserta harus menguasai bidang yang diuji oleh lembaga penguji sertifikasi.

Agar peserta lebih nyaman mengikuti pelatihan, penyelenggara acara dapat menyediakan minuman kopi atau teh. Berikan souvenir tumbler minum untuk peserta agar minuman tetap hangat dan ramah lingkungan.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Seseorang yang memiliki sertifikat akan lebih percaya diri karena mampu membuktikan kemampuan yang dimiliki. Ia percaya akan kemampuan dirinya karena telah melewati proses pelatihan dan uji kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan.

Kepercayaan diri yang baik akan menumbuhkan sikap optimis dalam bekerja. Seseorang yang memiliki sertifikat yakin kesulitan dan tantangan dalam pekerjaan akan bisa dihadapi dengan baik.

3. Meyakinkan perusahaan

Perusahaan memiliki standar keahlian yang harus dimiliki karyawan agar perusahaan dapat berkembang. Perusahaan yakin kepada calon pegawai yang telah memiliki sertifikat pelatihan dan kompetensi yang sesuai dengan standar mereka.

Bagi perusahaan, calon karyawan yang dapat menunjukan keahlian yang  dibutuhkan akan memiliki kesempatan besar untuk bergabung. Calon karyawan yang memiliki sertifikat dipercaya akan bekerja secara optimal dan mampu memajukan perusahaan.

4. Memberikan kepastian penilaian

Perusahaan akan lebih mudah menilai calon karyawan yang memiliki sertifikat karena sertifikat merangkum bidang yang dikuasai oleh pemilik sertifikat. Pihak perusahaan akan mencocokan kompetensi calon karyawan dengan standar perusahaan.

Bagian sumber daya manusia akan lebih mudah menggambarkan kemampuan calon pegawai berdasarkan sertifikat yang dimiliki. Selain itu, pihak SDM akan lebih mudah memutuskan nominal gaji berdasarkan keahlian yang dimiliki.

Merchandise Bermanfaat untuk Uji Kompetensi dan Pelatihan

Tas punggung kanvas saat dipakai model
Sertifikat pelatihan yang disertai dengan backpack army akan memberi kesan bagi peserta

Sertifikat pelatihan dan kompetensi akan semakin berkesan dengan merchandise atau souvenir yang akan menjadi pengingat bagi peserta.

Untuk pelatihan yang membutuhkan waktu beberapa hari, souvenir tas backpack Army bisa menjadi pilihan. Backpack ini memiliki ukuran yang besar dan banyak kompartemen. Selain muat laptop, peserta dapat menggunakannya untuk aktivitas harian saat di lapangan.

Selain backpack, merchandise bermanfaat lainnya yang bisa digunakan adalah hoodie atau jaket. Hoodie selain dapat digunakan saat malam, berfungsi juga untuk meningkatkan kekompakan antara peserta pelatihan.

Penyelenggara acara dapat juga memberikan merchandise kampanye yang bertuliskan motivasi agar lebih produktif di kantor. Untuk yang satu ini, pilih merchandise yang memiliki permukaan lebar dan pasti digunakan seperti payung lipat.

Paketseminar.com selalu memudahkan konsumen dengan produksi souvenir custom yang dapat disesuaikan dengan tema acara dan anggaran.

botol minum tumbler niagara untuk souvenir kantor
Tumbler niagara merupakan salah satu souvenir best seller ready stock yang dapat dipesan dalam waktu singkat

Acara sudah di depan mata, namun souvenir belum siap? Tenang, kami menyediakan souvenir best seller yang tersedia di laman produk ready stock. Cukup dua hingga tiga hari kerja, souvenir siap di antar ke tempat tujuan.

Silahkan hubungi sales eksekutif Paketseminar.com untuk info selanjutnya.

CEK INSPIRASI LAINNYA: