Ilustrasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan pemilu
Pemilu presiden 2024 merupakan salah satu dari rangkaian pesta demokrasi yang akan digelar KPU

Tahun 2024 menjadi tahun demokrasi bagi Bangsa Indonesia. Di tahun ini semua pemilihan diadakan, termasuk pemilu presiden 2024. Apa saja informasi yang menarik? Bagaimana dengan merchandise kampanye Souvia yang masih menjadi andalan? Simak yuk!

BACA JUGA: 10 souvenir promosi kantor di bawah 50.000

Pemilihan presiden

Dua tahun mendatang, Indonesia akan menyelenggarakan pemilu presiden 2024. Tahun pemilihan sebelumnya, pemilihan presiden dilakukan secara tidak langsung. Rakyat Indonesia diwakili oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memilih presiden dan wakilnya.

Di tahun 2004, Rakyat Indonesia resmi menggelar pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) yang dipilih langsung oleh rakyat. Menurut ketentuan undang – undang pemilihan umum, pasangan calon presiden dan wakilnya terpilih menjadi presiden jika mendapat 50% suara. Jika tidak, dilakukan pilpres putaran kedua.

Pemilihan legislatif

Pemilihan legislatif merupakan pemilihan yang dilakukan untuk menentukan wakil rakyat yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sama halnya dengan pilpres, pemilihan legislatif diadakan setiap lima tahun sekali.

Para calon anggota DPR dan DPD sudah mulai berkampanye agar dikenal masyarakat. Gunakan tas souvenir Paketseminar.com sebagai media promosi untuk menarik perhatian masyarakat.

Selain sebagai media promosi calon anggota wakil rakyat, souvenir berbentuk tas dapat digunakan sehari – hari. Logo atau tulisan yang tertera di permukaan tas akan dilihat dan dibaca oleh pengguna dan orang sekitarnya.

Pemilihan kepala daerah

Pemilihan kepala daerah atau pilkada merupakan pemilihan yang dilakukan untuk menentukan pemimpin daerah seperti gubernur, bupati, dan walikota.

Seperti pilpres, pilkada dilakukan secara langsung, masyarakat yang berdomisili di daerah terkait diharuskan memilih kepala daerahnya.

Agar masyarakat paham dan mengenal para calon kepala daerah, sosialisasi harus dilakukan sedari dini. Pilih payung lipat Paketseminar.com untuk tampilan logo dan tulisan terlihat jelas. Payung memiliki permukaan yang lebar dan digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga target memperkenalkan pasangan calon bisa dilakukan maksimal.

Fakta seputar pemilu presiden 2024

Ilustrasi pemilih menyerahkan kertas voting saat pemilu
Sebagai pemilih aktif wajib mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai kandidat presiden dan wakilnya

Pemilihan presiden merupakan satu dari rangkain pesta demokrasi yang akan diadakan di Indonesia dalam waktu dekat ini. Saatnya kita mencari informasi sebanyak – banyaknya agar tidak salah mengambil pilihan. Apa saja fakta seputar pemilu presiden 2024 yang harus kamu tahu. Ini dia!

1. Prinsip dan asas pemilu

Dalam setiap penyelenggaraan pemilu terdapat beberapa prinsip yang harus dipegang teguh KPU dan bawaslu. Prinsip – prinsip yang telah diatur dalam undang – undang pemilu adalah mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, akuntabel, efektif, dan efisien.

Sedangkan asas pemilu terdiri dari enam asas yang harus dipegang. Asas pemilu yang biasa disebut luber jurdil ini adalah langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Setiap pemilih maupun penyelenggara harus memegang prinsip dan asas pemilu agar tidak terjadi perpecahan setelah terselenggaranya pemilihan umum.

Asas dan prinsip tersebut harus disosialisasikan sejak dini kepada masyarakat agar masyarakat mulai memahami asas dan prinsip pemilihan umum.

Perkenalkan asas dan prinsip pemilu dari sekarang dengan membuat buku agenda Paketseminar.com. Buku agenda mampu memuat yang asas dan prinsip pemilu beserta penjelasannya karena bisa cetak custom sesuai dengan tema acara.

2. Tahap penyelenggaraan pemilu presiden 2024

Diagram tahapan penyelenggaraan pemilu 2024
Diagram alur tahapan penyelenggaraan pemilu 2024

Indonesia memiliki aturan setiap kepala negara yang terpilih memiliki batas waktu lima tahun untuk menyelenggarakan pemerintahan. Oleh karenanya, pemilu presiden 2024 akan digelar oleh KPU.

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakilnya merupakan orang – orang yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik.

Paslon presiden dan wakil presiden dipilih oleh seluruh warga negara Indonesia yang telah genap berusia 17 tahun atau yang sudah pernah menikah.

Walaupun pemilu presiden 2024 masih dua tahun yang akan datang, namun tahapan penyelenggaraan pemilu sudah sudah diterbitkan oleh komisi pemilihan umum, di antaranya:

  • Pencalonan presiden dan wakil presiden:  19 Oktober – 25 November 2023
  • Masa kampanye pemilu: 28 November 2023 – 10 Februari 2024
  • Masa tenang: 11 – 13 Februari 2024
  • Pemungutan suara: 14 Februari 2024
  • Rekapitulasi hasil penghitungan suara: 15 Februari –  20 Maret 2024

Apabila terjadi putaran kedua, maka tahapan pemilu selanjutnya adalah

  • Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih: 22 Maret – 25 April 2024
  • Masa kampanye pemilu: 2 – 22 Juni 2024
  • Masa tenang: 23 Juni – 25 Juni 2024
  • Pemungutan suara: 26 Juni 2024
  • Rekapitulasi hasil penghitungan suara: 27 Juni – 20 Juli 2024

Agar masyarakat lebih memperhatikan tahapan pemilu presiden 2024, penyelenggara pemilu dapat membuat kalender kampanye yang bisa diproduksi custom sesuai tujuan penyelenggara pemilu.

Bagikan souvenir kalender di akhir tahun 2022 dan 2023 kepada masyarakat sebagai media sosialisasi penyelenggaran pemilu presiden 2024.

3. Sosialisasi partai, capres dan cawapres

Sosialisasi anggota partai, calon presiden dan wakil presiden harus segera dilakukan agar masyarakat paham dan mengenal para tokoh lebih baik.

Pengenalan para calon anggota legislatif, presiden, dan wakil presiden harus dilakukan bertahap agar masyarakat Indonesia dari seluruh daerah mengenal sosok yang akan mereka pilih.

Sosialisasi mengenai pemilu yang diadakan oleh partai akan membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pemilu. Selain itu, sosialisasi juga mampu menaikan partisipasi pemilu

4. Pemilu di masa pandemi

Banner imbauan protokol kesehatan di setiap acara termasuk rangkaian pemilu 2024
Himbauan menggunakan starter pack new normal di acara untuk protokol kesehatan & aktivitas sehari – hari

Pandemi yang masih menghampiri Indonesia walaupun sudah mereda, harus tetap diwaspadai. Kondisi negara yang sudah mulai membaik harus dipertahankan, jangan ada lagi cluster baru virus corona.

Saat pilkada tahun 2020 lalu, terdapat perlengkapan yang wajib ada di tempat pemungutan suara (TPS) seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, sarung tangan, tempat sampah, face shield, alat pengukur suhu, disinfektan, APD, dan alat tetes tinta.

Penyelenggara pemilu dapat menggunakan souvenir starter pack new normal sebagai souvenir sosialisasi pemilu dan pencegahan covid-19. Souvenir ini terdiri dari pouch, masker, tisu, hand sanitizer, sendok – garpu, face shield, dan goodie bag.

Semua produk yang terdapat dalam souvenir berguna untuk aktivitas sehari – hari dan pastinya branding logo bisa disematkan di permukaan souvenir.

Merchandise kampanye

Botol minum tumbler dapat dijadikan souvenir kampanye pemilu presiden 2024
Logo atau tulisan pada souvenir akan terus dilihat dan diingat penerima

Kampanye maupun branding para calon anggota legislatif, presiden dan wakilnya sudah mulai dilakukan di media massa konvensional dan online. Hal ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat mulai mengenal para tokoh.

Walaupun begitu, souvenir masih menjadi pilihan andalan saat berkampanye langsung karena tulisan atau logo yang tertera di permukaan souvenir akan dilihat dan dibaca sepanjang souvenir tersebut digunakan.

Oleh karenanya, membuat souvenir tidak boleh sembarangan karena souvenir yang diberikan akan menggambarkan pemberi souvenir. Penting mempertimbangkan kualitas souvenir kampanye agar tahan lama dan pastinya fungsional.

Contoh souvenir yang bisa dipesan dalam waktu singkat tersedia di laman produk ready stock. Tak perlu khawatir dengan kualitas yang dihadirkan karena souvenir dibuat dengan bahan baku berkualitas yang pastinya awet digunakan.

CEK INSPIRASI LAINNYA: