Pesantren Ramadhan atau pesantren kilat senantiasa dilaksanakan untuk mengajarkan pemahaman agama lebih mendalam bagi anak. Apa saja manfaat dan souvenir unik yang bisa diberikan kepada anak? Baca selengkapnya di sini yuk!

BACA JUGA: 5 manfaat agenda Ramadhan anak

Pengertian Pesantren Ramadhan 2023

Pesantren Ramadan atau yang lebih dikenal dengan pesantren kilat merupakan kegiatan keagamaan yang diikuti oleh anak maupun orang dewasa untuk meningkatkan pemahaman terhadap agama yang dilaksanankan di bulan Ramadan.

Biasanya lembaga pendidikan atau lembaga swasta menyelenggarakan pesantren Ramadan untuk mengajarkan dan mengingatkan kembali pemahaman tentang agama islam seperti tauhid, fikih, dan membaca al quran.

Kegiatan Selama Pesantren Ramadhan 2023

Membaca Al Quran merupakan salah satu kegiatan yang diadakan pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak terhadap Allah SWT. Oleh karenanya, kegiatan pesantren Ramadan merupakan amalan dan aktivitas ibadah yang disukai Allah SWT, seperti:

1. Sahur dan berbuka puasa bersama

Sahur dan berbuka puasa merupakan salah satu amalan yang memiliki keberkahan di dalamnya. Kegiatan ini akan semakin nikmat jika dilakukan bersama – sama.

Sahur dan berbuka berjamaah akan meningkatkan tali silahturahim dan mendekatkan antara para peserta pesantren Ramadan.

2. Mengaji dan khatam Al Quran

Al Quran merupakan kitab pedoman hidup bagi umat muslim di seluruh dunia. Al Quran turun ke bumi di bulan Ramadhan tanggal 17. Oleh karenanya, membaca dan mengkhatamkan Al Quran memiliki pahala yang besar di bulan yang mulia ini.

Dengan membaca Al Quran, diharapkan akan akan lebih mudah mengamalkan ajaran agama islam.

3. Salat malam

Salat malam merupakan salat istimewa yang mampu meningkatkan derajat seorang muslim yang menjalankannya.

Melaksanakan salat malan di bulan Ramadhan akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar dan diberi ridha dan rahmat oleh Allah SWT.

4. Bersedekah

Bersedekah di bulan Ramadhan memiliki keutamaan dan ganjaran pahala yang besar.

Bersedekah merupakan salah satu amalan yang disunahkan Rasulullah. Begitu besarnya manfaat yang didapat, bersedekah menjadi kegiatan rutin dalam pesantren Ramadan.

Tak hanya disukai Allah SWT, bersedekah akan melatih anak belajar empati dan saling membantu antar sesama manusia.

Manfaat Pesantren Ramadhan 2023 Bagi Anak

Salah satu manfaat pesantren Ramadhan adalah mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari – hari

Orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, pehamaman mengenai agama harus ditaman sejak dini agar anak dapat melaksanakan ibadah dengan baik hingga tutup usia.

Salah saru kegiatan yang kerap dilakukan oleh anak adalah pesantren Ramadan. Mengapa anak sebaiknya mengikuti aktivitas ini? ini dia manfaatya!

1. Meningkatkan pemahaman tentang agama islam

Anak – anak memiliki jiwa yang polos. Pertanyaan tentang fitrah manusia dan agama terkadang membuat orang tua kesulitan menjawab.

Pesantren Ramadan yang telah memiliki jadwal dan materi khusus dinilai dapat menjawab pertanyaan anak – anak mengenai ketuhanan sekaligus memberikan pemahaman yang lebih baik tentang agama islam dan ibadah yang harus dilakukan.

Bekali anak dengan buku agenda Paketseminar.com agar mereka mencatat materi penting saat menjalankan pesantren Ramadhan.

2. Belajar menerapkan amalan agama islam dalam kehidupan sehari – hari.

Pesantren Ramadan membekali anak – anak melakukan kegiatan ibadah yang baik sesuai sesuai aturan.

Teori agama langsung dipraktekan saat pesantren Ramadan. Rutinitas ibadah yang dilakukan selama pesantren berlangsung akan melatih anak untuk menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari – hari.

Ilmu yang didapat dari pesantren Ramadhan diharapkan menjadi bekal anak untuk menjalani kehidupannya.

3. Melatih sikap toleransi dalam kebersamaan

Salah satu manfaat pesantren Ramadhan adalah melatih kebersamaan

Pesantren identik dengan tinggal bersama teman – teman dalam satu kamar.

Kebersamaan yang dilakukan selama pesantren Ramadan akan menumbuhkan sikap toleransi antara peserta.

Interaksi dengan para peserta pesantren Ramadan melatih anak untuk menerima kekurangan teman, menumbuhkan semangat saling menghormati, dan menghargai perbedaan yang timbul.

Anak akan terbiasa dan mengetahui solusi menghadapi perbedaan yang timbul.

4. Melatih kesederhanaan

Setiap manusia diciptakan berbeda. Begitupun dengan peserta pesantren Ramadhan.

Pesantren Ramadan dibuat sama rata. Setiap peserta melakukan dan mendapatkan hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada perbedaan.

Peserta dengan keluarga yang sangat dimampukan harus bisa beradaptasi dengan teman – teman yang sederhana. Tidak boleh memperlihatkan fasilitas yang berlebihan.

Adanya perlakuan yang sama dan adil kepada seluruh peserta Ramadhan akan melatih anak – anak untuk bersikap sederhana dan tidak menonjolkan kelebihan yang dimiliki.

5. Melatih kemandirian

Manfaat yang didapatkan oleh anak saat mengikuti pesantren Ramadan adalah timbulnya kemandirian.

Pesantren Ramadan dirancang agar anak belajar hidup mandiri tanpa bantuan orang tua. Aktivitas seperti membersihkan Kasur, mencuci dan menyiapkan pakaian harus dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Aktivitas yang dilakukan sendiri akan mengajarkan anak untuk memahami kesulitan yang dialami oleh orang lain. Anak akan terbiasa mengandalkan diri sendiri dalam menghadapi tantangan.

Souvenir Bermanfaat Agar Anak Semangat Mengkuti Pesantren Ramadhan

Mengikuti pesantren Ramadan tidak mudah bagi anak, terlebih anak yang disediakan segala sesuatunya oleh orang tua. Tantangan tersendiri bagi orang tua dan penyelenggara agar anak semangat mengikuti pesantren Ramadan.

Bagaimana menyiasatinya? Berikut beberapa souvenir bermanfaat Paketseminar.com () yang bisa diberikan agar anak termotivasi mengikuti pesantren Ramadhan:

1. Hampers lebaran

hampers lebaran bisa diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih
Hampers lebaran SOUVIA akan menjadi souvenir pesantren Ramadhan yang bermanfaat

Setiap anak menyukai hadiah? Apalagi hadiah unik dan bermanfaat yang bisa digunakan sehari – hari.

Salah satu souvenir yang bisa dibagikan saat anak mengikuti pesantren Ramadan adalah hampers lebaran SOUVIA. Hampers ini terdiri dari sajadah, pouch, hijab, peci, cookies, dan greeting card. Hampers ini semakin cantik karena dibungkus dengan box premium.

Isi di dalamnya bisa digunakan saat anak mengikuti pesantren Ramadan. Pouch bisa digunakan untuk menyimpan dan membawa perlengkapan agar tak tercampur dengan barang lain, cookies bisa dimakan saat waktu istirahat, sedangkan greeting card bisa ditulis kalimat afimasi agar anak termotivasi dan bersemangat mengikuti pesantren Ramadan.

2. Pouch laptop thine

Sleeve laptop atau sarung laptop yang bisa dipakai sebagai tatakan mouse
Pouch laptop thine bermanfaat bagi peserta pesantren Ramadhan karena melindungi laptop dari guncangan

Walau mengikuti pesantren Ramadan, tugas sekolah tetap harus dilaksanakan.

Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang kerap digunakan. Anak membutuhkan pouch laptop Thine Paketseminar.com untuk melindungi laptop dari guncangan, debu, dan cipratan air.

Pouch laptop thine terbuat dari kulit sintetis dengan tampilan menawan. Logo atau brand bisa ditampilkan di permukaan pouch, sehingga souvenir ini bisa menjadi media branding penyelenggara pesantren Ramadhan.

3. Tumbler Niagara

botol minum tumbler niagara untuk souvenir kantor
Lebih bersih dan ramah lingkungan dengan tumbler saat pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadan diadakan saat bulan puasa.

Untuk kebutuhan minum para peserta, siapkan tumbler minum Paketseminar.com agar lebih bersih dan ramah lingkungan. Peserta hanya butuh membawa tumbler saat berbuka dan sahur, sekaligus bisa menyimpan minuman di dalam kamar.

Beberapa tumbler bisa diproduksi dalam waktu singkat. Cukup dua hingga tiga hari kerja, tumbler langsung diantar ke tempat tujuan. Cek laman ready stock SOUVIA () untuk melihat souvenir yang termasuk ke dalam souvenir ready stock SOUVIA ().

Kesimpulan

Pesantren Ramadhan walaupun diadakan singkat, namun diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang agama islam bagi peserta.

Dalam pesantren Ramadan, peserta juga melatih sikap seperti kemandirian, kesederhanaan, toleransi, dan aplikasi amalan agama dalam kehidupan sehari – hari.

Souvenir bermanfaat Paketseminar.com diharapkan mampu memotivasi dan mendorong peserta pesantren Ramadhan untuk melakukan rutinitas yang diadakan dalam pesantren Ramadan.

CEK INSPIRASI LAINNYA: