Ilustrasi buku agenda ramadhan dan kurma yang khas dengan bulan suci

Ramadhan bulan yang mulia, bulan yang paling dinanti umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk mengajarkan anak beribadah sejak awal. Supaya lebih paham, intip lima manfaat agenda Ramadhan anak yuk!

BACA JUGA: 6 tips membuat parcel lebaran 2023

Definisi Agenda Ramadhan

Agenda Ramadhan anak atau yang biasa disebut buku kegiatan Ramadhan merupakan buku yang berisi aktivitas wajib dan sunah selama bulan Ramadhan.

Isi agendanya merupakan tabel kegiatan Ramadhan yang harus diisi sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh anak.

Agenda Ramadhan merupakan bentuk tertulis laporan kegiatan ibadah anak selama bulan suci seperti salat fardhu, salat Sunnah, salat tarawih, tadarus Quran, sedekah, dan mendengarkan ceramah menjelang berbuka puasa maupun saat menunggu adzan subuh.

Agar anak – anak semangat mengisi dan menjalankan ibadah dengan baik, buku kegiatan Ramadhan anak harus dibuat semenarik mungkin. Cover dan isi buku harus didesain khusus untuk menarik perhatian anak.

Agenda Ramadan anak bisa didesain custom sesuai kebutuhan dan tema yang disukai anak seperti buku notes Paketseminar.com. Notes ini bisa didesain custom sesuai keinginan konsumen.

Bentuk Agenda Ramadhan

Bentuk agenda Ramadhan biasanya berisi tabel aktivitas ibadah

Sama halnya dengan buku atau notes karyawan, buku agenda Ramadhan anak bisa dirancang beraneka ragam.

Contoh desain buku agenda yang biasa digunakan seperti notes atau buku sederhana yang berisi tabel kegiatan dan lembaran yang digunakan untuk menulis ceramah.

Anak atau pengguna memberikan tanda ceklis untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Tersedia tabel paraf imam solat taraweh dan orang tua untuk membuktikan kejujuran anak.

Jika ingin bentuk agenda Ramadhan anak yang berbeda, cek model buku agenda Paketseminar.com. Tersedia buku agenda dengan banyak desain dan pastinya bisa costum desain sesuai kebutuhan dan tema acara.

Manfaat Agenda Ramadhan bagi Anak

1. Melatih kedisiplinan

Agenda Ramadhan mampu melatih kedisiplinan anak

Disipilin adalah sikap taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Agenda Ramadhan yang berisi tentang kegiatan yang sebaiknya dilakukan anak selama bulan Ramadhan akan melatih sikap disiplin anak secara perlahan. Anak akan terbiasa melakukan ibadah wajib dan sunah tepat waktu.

Penjelasan mengenai manfaat kedisiplinan bagi anak dibutuhkan agar anak memahami disiplin bagi kehidupannya kelak.

Jika anak bisa disiplin mengerjakan aktivitas Ramadhan dengan baik, maka anak akan terbiasa melakukan aktivitas keagamaan walau tidak disuruh atau di bulan selain bulan Ramadhan.

Peningkatan nilai agama akan tertanam sejak dini dan diharapkan bisa menghindarkan anak dari kegiatan yang tercela.

2. Melatih kejujuran

Kejujuran adalah sikap lurus hati, mengatakan hal yang sebenar – benarnya tanpa ada kebohongan.

Sifat ini merupakan modal penting dalam menjalani kehidupan. Sangat penting menanamakan sikap jujur pada anak sedari dini baik sikap maupun lisan. Sikap jujur merupakan dasar kepercayaan.

Dibutuhkan kejujuran untuk mengisi buku agenda Ramadhan anak. Tak sedikit yang memilih untuk berbohong agar mendapat apresiasi tinggi dari guru maupun orang tua.

Jika sikap tak jujur diapresiasi, anak akan candu untuk melakukan kebohongan. Berbicara tak sesuai fakta akan menjadi makanan sehari – hari. Akibatnya, anak tak punya jati diri dan harus berbohong agar dihargai.

Oleh karenanya, penting menanamkan kejujuran saat mengisi agenda Ramadhan agar anak melatih diri untuk selalu jujur walaupun tidak menyenangkan.

3. Melatih mengatur kegiatan sehari – hari

Agenda Ramadhan akan melatih anak mengatur jadwal dengan baik

Agenda Ramadhan yang berisi kegiatan selama bulan Ramadhan akan membiasakan siswa atau anak mengatur jadwal kegiatan sehari – hari. Mereka akan terbiasa melakukan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah diatur.

Adanya kebiasaan tersebut akan membentuk mereka menjadi pribadi yang mudah mengatur jadwal kegiatan. Mereka akan terlatih untuk mengatur aktivitas sehari – hari agar bisa dijalani dengan baik.

Mengisi agenda Ramadhan dengan kejujuran dan kedisiplinan akan melatih anak memiliki kemandirian saat beranjak dewasa.

4. Mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat

Di bulan Ramadhan, setiap muslim dianjurkan melakukan ibadah dan perbuatan baik agar semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Di bulan ini perbuatan baik akan diganjar dengan pahala berkali – lipat. Penting untuk menanamkan kepada anak untuk selalu berbuat baik di bulan Ramadhan agar mereka terbiasa untuk melakukannya dalam kehidupan sehari – hari.

Sikap untuk selalu beribadah dan melakukan amalan yang disukai Allah bisa didorong dengan adanya cerita menarik yang mengandung hikmah. Anak – anak bisa membacanya di sela – sela mengisi buku kegiatan Ramadhan.

Cerita bisa ditampilkan di lembaran buku agenda Ramadhan anak. Dengan begitu, diharapkan bulan Ramadhan selanjutnya akan terus diisi dengan kegiatan yang dicintai Allah.

5. Memotivasi anak untuk lebih baik

hampers lebaran bisa diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih
Berikan hampers bersamaan dengan agenda Ramadhan agar anak termotivasi

Agenda Ramadhan yang sudah dirancang untuk mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan diharapkan bisa dilakukan terus – menerus oleh anak.

Saat berjumpa dengan kawan sebaya yang telah melakukan aktivitas Ramadhan lebih banyak, anak akan termotivitasi untuk melakukan aktivitas lebih baik dibanding kemarin.

Apresiasi dan pengakuan oleh orang tua, guru, dan orang sekitar akan menambah motivasi anak untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin, jujur, bertanggung – jawab, dan beribadah sesuai dengan perintah agama.

Sebaiknya orang tua ikut serta dalam aktivitas Ramadhan yang dilakukan anak agar ikatan antara anak dan orang tua semakin dekat dan kuat.

Siapkan hampers Ramadhan terbaik agar anak senantiasa termotivasi dan selalu teringat akan ibadah di bulan Ramadhan.

Kesimpulan

Agenda Ramadhan secara tidak langsung mengajarkan anak akan makna Ramadhan serta amalan Rasulullah yang sebaiknya dilakukan.

Dengan agenda Ramadhan yang menarik perhatian anak diharapkan anak akan suka hati mengerjakan aktivitas Ramadan tanpa harus dipaksa.

Selain itu, agenda Ramadan juga berfungsi sebagai kontrol terhadap aktivitas sehari – hari anak.

Agar anak semakin termotivasi untuk terus melakukan kegiatan positif, orang tua atau guru bisa memberikan souvenir bermanfaat seperti tas backpack Matoa yang berdesain rolltop atau pouch laptop Thine untuk melindungi laptop dari guncangan saat dibawa bepergian.

Pouch laptop thine merupakan salah satu souvenir bestseller dan juga ready stock, artinya souvenir ini bisa diproduksi dalam waktu dua hingga tiga hari kerja. Walaupun bisa dibuat cepat, fungsi souvenir sebagai media branding akan tetap dilakukan. Konsumen bisa memilih aplikasi branding sesuai kebutuhan dan jenis souvenir yang dipilih.

Segera cek laman ready stock souvenir dan hubungi sales eksekutif Paketseminar.com untuk aneka souvenir ready stock lainnya!

CEK INSPIRASI LAINNYA: