logo hari jadi bogor 2023 resmi
Logo HJB 2023 Kabupaten Bogor yang terinspirasi dari alam, manusia, dan pembangunan

Tanggal 3 Juni 2023 kemarin diperingati sebagai hari jadi Bogor atau HJB. Bogor yang dipercaya lahir di tahun 1482 ini senantiasa merancang logo HJB setiap tahunnya. Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor memiliki desain masing – masing. Apa makna logo HJB 2023? Ini dia rangkumannya.

BACA JUGA: 10 Lomba Tema 17 Agustus yang Menarik, Lakukan Lomba Ini untuk Mengurangi Stres dan Kelelahan Karena Bekerja

Makna Logo HJB Kabupaten Bogor

Logo Hari Jadi Bogor 2023 Kabupaten Bogor diwakili dengan gambar padi, kujang, perisai, tugu, pancakarsa, dan angka 541.

Warna yang diusung pada logo HJB ke-541 ini adalah emas, hijau, kuning, dan merah. Logo ini terinspirasi dari alam, manusia, dan pembangunan.

Gambar padi pada logo HJB 2023 melambangkan kemakmuran dan kekayaan alam.

Kujang yang merupakan senjata khas Bogor melambangkan perjuangan identitas perjuangan masyarakat sunda.

Gambar perisai pada logo HJB ke-541 melambangkan persatuan yang kuat. Sedangkan tugu pancakarsa melambangkan visi misi dan program kerja Pemerintah Kabupaten Bogor.

Warna – warna yang ada di logo HJB 2023 pun memiliki makna tersendiri. Warna emas melambangkan kemakmuran, hijau melambangkan keindahan dan kekayaan alam, dan kuning melambangkan semangat masyarakat dengan inovasi dan kreasinya.

Terakhir ada warna merah yang melambangkan semangat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Gambar dan warna yang ada di logo Hari Jadi Bogor 2023 terinspirasi dari alam, manusia, dan pembangunan.

Alam terinspirasi dari hujan tropis hingga sawah yang membentang hijau. Bogor sendiri memiliki kekayaan alam yang indah dan sejuk.

Manusia merupakan bagian penting dari harmoni dalam kemakmuran.

Terakhir ada pembangunan yang harus dilakukan secara berkelanjutan dan tidak merusak alam serta lingkungan hidup.

Makna Logo HJB Kota Bogor

Logo HJB 2023 Kota Bogor yang bertema rumawat pusaka kota

Pemerintah Kota Bogor mendesain logo HJB 2023 dengan tema rumawat pusaka kota.

Logo HJB ke-541 memperlihatkan ornamen gerbang atau gapura di angka lima dan satu. Gerbang atau gapura tersebut diambil dari lokasi yang akan dijadikan museum Pajajaran di Kawasan Batutulis.

Berbeda dengan museum lainnya yang ada di Bogor, museum ini akan menjadi wadah dan upaya pelestarian benda – benda bersejarah peninggalan kerajaan Pajajaran.

Gapura arau gerbang memiliki makna struktur bangunan yang merupakan pintu masuk atau gerbang menuju suatu kawasan.

Gapura juga bisa diartikan sebagai simbol gerbang menuju kawasan masa depan yang cerah, makmur, dan sukses bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya.

Angka empat yang diapit oleh angka lima dan satu menampilkan ornamen kujang sebagai benda pusaka dan ikon Kota Bogor.

Warna pada logo Hari Jadi Bogor 2023 Kota Bogor adalah jingga atau oranye dan biru. Jingga melambangkan kehangatan dan semangat. Selain itu, warna ini juga simbol optimisme dan kemampuan dalam bersosialisasi.

Sedangkan warna biru bermakna kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, dan kebijaksanaan, serta dapat diandalkan dan bertanggung jawab.

Penempatan Logo HJB 2023 Kota Bogor

Biasanya jika ada acara besar maka ada pula merchandise atau souvenir yang diberikan. Merchandise acara yang diberikan biasanya mempunyai logo HJB. Logo ini ditempatkan pada merchandise hari jadi Bogor pada topi polo, tote bag kanvas, dan bisa pula pada tumbler minum.

Logo HJB pada merchandise dapat ditaruh branding pada permukaan barang-barang souvenirnya. Apalagi jika dibranding pada kaos t-shirt yang akan dipakai kemanapun. Dengan begitu, maka acara hari jadi Bogor akan dikenal oleh orang-orang dan Bogor akan semakin dikenal oleh masyarakat.

CEK INSPIRASI LAINNYA: