bahan baku tote bag denim

Denim merupakan bahan yang umum digunakan dalam pembuatan pakaian. Tak hanya celana, kini denim menjadi bahan baku untuk tote bag denim. Lalu, mengapa denim sangat favorit? Berikut ulasannya.

Kata denim atau jeans pasti sudah tak asing di telinga Anda? Keduanya merupakan fashion item yang dimiliki hampir seluruh orang. Namun, apakah Anda tahu perbedaan keduanya? Jeans dan denim?

Denim memiliki sejarah yang lama dan panjang. Denim sendiri berasal dari Nimes, nama kota di Perancis. Awalnya Serge de Nimes, namun dipersingkat menjadi de Nimes atau denim. Denim terbuat dari material kain yang kuat dari bahan cotton twill. Sejak dulu denim sudah berwarna indigo. Dengan bantuan teknologi, kini denim memiliki banyak varian warna. Warna biru atau indigo dari denim merupakan hasil dye tanaman Indigo (indigovera) yang berasal dari India.

Sementara jeans merupakan produk celana yang berbahan baku kain denim. Awalnya jeans dipergunakan oleh pekerja kasar, tambang, dan koboy. Namun, seiring berjalannya waktu jeans menjadi jenis pakaian yang dipakai hampir di semua kalangan.

Tidak hanya tersedia dalam satu jenis pilihan. Denim memiliki beberapa jenis bahan. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja?

1. Stretch Denim

Bahan stretch denim biasanya sering dijumpai pada pakaian wanita, khususnya jeans. Sifatnya yang melar disukai karena tidak kaku. Dalam proses pembuatannya, stretch denim ditambahi bahan elastis seperti spandek sebanyak dua hingga tiga persen.

2. Black Coated Denim

Sesuai dengan namanya, denim jenis ini menggunakan lapisan hitam agar lebih awet dan menghasilkan warna hitam. Namun, keseringan mencuci bahan denim ini membuat warnanya gampang pudar.

3. Poly Denim

Denim jenis ini dicampur dengan polyester. Fungsinya agar bahan denim yang dihasilkan lebih ringan sehingga bisa digunakan dalam acara formal sekalipun. Bahan tambahan polyester membuat denim satu ini lebih cepat kering.

4. Selvage Denim

Denim jenis ini menjadi denim yang harganya lebih tinggi. Bahan denim jenis ini sudah rapi dan siap digunakan karena bagian ujung dan tepinya sudah dianyam rapi.

5. Prewash Denim

Untuk bahan prewash denim ini sudah memiliki tekstur yang lembut dan efek warna memudar. Hal ini dikarenakan bahan sudah dicuci terlebih dahulu. Biasanya bahan ini digunakan untuk jeans agar lebih halus.

6. Dry Denim

Bahan denim jenis ini tidak sulit ditemukan karena memiliki warna yang masih pekat. Tekstur bahan yang kasar disebabkan bahan denim ini tidak melalui proses pencucian.

6. Colored Denim

Denim ini merupakan denim yang sudah memiliki warna dasar. Proses pewarnaannya sendiri terdiri dari dua cara. Pewarnaan tradisional diberikan untuk menghasilkan denim berwarna biru. Sedangkan pewarnaan sulfur digunakan untuk menghasilkan warna selain biru.

7. Ramie Denim

Bahan denim ini merupakan pencampuran denim dengan serat tanaman ramie. Tujuannya untuk menjadikan karakteristik bahan denim lebih halus. Tak hanya itu, serat ramie mampu mengurangi kerutan pada kain dan juga tidak gampang kotor. Proses pencuciannya pun lebih mudah karena mampu menyerap air dengan baik.

Kuat dan tahan lama merupakan alasan jeans digunakan oleh pekerja tambang dan koboy. Kita sendiri sering menggunakan jeans saat bekerja di lapangan karena tak gampang robek, tahan banting, dan nyaman digunakan. Selain itu, produk turunan denim lainnya mampu memiliki kesan elegan jika diproduksi dengan baik. Jeans akan telihat kasual namun elegan saat memadu-padankan dengan kemeja atau tunik putih.

Ada kelebihan, namun ada pula kelemahannya. Denim yang sudah populer di semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua menyebabkan bahan cotton twill ini banyak dipalsukan. Pemalsuan yang dilakukan tentu merugikan konsumen dan produsen yang memiliki reputasi yang baik.

Saat ini denim sudah bukan lagi bahan kain yang digunakan untuk pembuatan jeans saja. Berbagai pakaian dan juga aksesoris pendukung penampilan sudah menggunakan bahan ini. Tak hanya jeans atau kemeja, kini gamis pun menggunakan denim sebagai bahan bakunya.

tote bag denim

Salah satu aksesoris penunjang penampilan yang menggunakan denim sebagai bahan bakunya ialah tote bag denim. Jenis tas ini wajib dimiliki bagi kamu yang suka sekali bahan denim. Tote bag denim mudah dipadu-padankan dengan pakaian apa saja, sehingga kesan kasual akan terpancar. Saat ini, tote bag denim menjadi must item bagi wanita urban.

Untuk Anda yang ingin memilikinya, kami menyediakannya untuk Anda. Tote bag denim ini dilapisi furing pada bagian dalamnya. Dengan penutup risleting, memastikan barang bawaan Anda aman. Dimensi yang cukup besar (30 x 40 x 10 cm) memungkinkan Anda membawa barang banyak. Cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi karena bisa dilipat dan awet. Bagi Anda yang berminat untuk menjadikan tote bag denim ini sebagai seouvenir, kami memberikan free branding (syarat dan ketentuan berlaku).

SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu di SOUVIA, #YourTrustedSouvenir