souvenir kerajinan lokal

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak kebudayaan. Di setiap daerah di Indonesia memiliki keistimewaan hasil budaya yang sarat akan nilai seni dan keindahan. Saat ini sudah banyak souvenir kerajinan lokal yang telah sampai di belahan dunia lainnya. Apa saja souvenir kerajinan lokal yang mendunia tersebut? Simak selengkapnya.

Berbicara tentang Indonesia, tidak akan ada habisnya. Tak hanya kaya akan sumber daya. Indonesia juga memiliki kekayaan budaya yang melimpah. Terlihat dari banyaknya hasil kebudayaan berupa kerajinan tangan lokal yang mendunia. Tak hanya keindahan dan keunikannya yang dikagumi Setiap kerajinan lokal yang tercipta memiliki cerita dan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Setiap turis domestik atau mancanegara yang berkunjung di kawasan Indonesia membeli dan membawa souvenir hasil kerajinan lokal. Souvenir ini berfungsi sebagai penanda bahwa para wisatawan telah berkunjung ke tempat tersebut. Tak hanya itu, souvenir kerajinan lokal merupakan salah satu identitas Indonesia. Lalu, apa saja souvenir khas kerajinan tangan lokal Indonesia yang paling banyak dicari? Berikut daftarnya.

1. Batik

souvenir kerajinan lokal berupa batik

Batik, memiliki nilai sejarah yang dalam dan juga keindahan di dalamnya. Kain ini sudah menjadi souvenir kerajinan lokal sejak lama. Batik memiliki motif tradisional khas yang memiliki cerita di dalamnya.

Salah satu warisan dunia UNESCO ini telah bertransformasi menjadi fashion ikon. Saat ini sudah banyak produk yang menggunakan batik sebagai bahan utama maupun pendukung. Tak hanya digunakan sebagai pakaian, kini batik sudah dikombinasikan ke beberapa produk seperti sepatu, tas, dan mukena.

Paketseminar.com telah mengeluarkan produk souvenir yang menggunakan batik sebagai bahan bakunya. Paket etnik terinspirasi dari keunikan dan keberagaman batik Indonesia. Paket ini terdiri dari pouch, buku agenda, dan nametag yang menggunakan batik sebagai komponen utama.

2. Wayang

souvenir kerajinan lokal berupa wayang

Wayang merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia berupa pertunjukan seni. Wayang sendiri diartikan sebagai bayangan. Salah satu aset Indonesia yang telah diakui UNESCO ini terbuat dari kulit kerbau.

Selanjutnya, dibuat pola di atas kulit kerbau sehingga memiliki visual. Proses pembuatannya cukup rumit dan detil karena pembuatnya dituntut untuk membuat wayang yang berbeda dengan wayang lainnya agar penonton bisa melihat perbedaaanya.

Wayang telah menjadi souvenir kerajinan lokal yang diincar oleh wisatawan. Sudah banyak toko cendera mata maupun individu yang memesan kerajinan lokal ini. Untuk membuat wayang, seseorang harus paham betul mengenai tokoh pewayangan dan juga sejarahnya.

3. Kain Tenun

souvenir kerajinan lokal berupa kain tenun

Salah satu kain khas Indonesia yang diincar setelah batik ialah kain tenun. Kain ini berasal dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Setiap motif yang ada di kain tenun melambangkan cerita asal daerah masing-masing.

Sama halnya dengan batik, kain tenun kini populer juga digunakan sebagai bahan baku souvenir kerajinan lokal. Untuk menemukan souvenir kain tenun khas kerajinan lokal Indonesia, Anda tak perlu jauh pergi ke daerah penghasilnya.

Di sini, Anda bisa mendapatkan souvenir yang berbahan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT). Paket adonara terdiri dari alat solat, pouch, dan tasbih. Dengan membeli adonara, Anda turut berkontribusi sosial terhadap kelangsungan pengrajin lokal di NTT.

4. Kerajinan Kulit

souvenir kerajinan lokal berupa kerajinan kulit

Produk berbahan kulit seperti tas, jaket, dan sepatu memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan lama. Tidak perlu pergi ke toko modern untuk mendapatkan produk kulit berkualitas. Indonesia memiliki beberapa daerah penghasil kerajinan kulit lokal.

Kerajinan kulit sudah menjadi souvenir wajib bagi wisatawan yang bertandang ke Garut, Sidoarjo, Magetan, dan Yogyakarta. Jika Anda lupa membeli souvenir kerajinan lokal satu ini, Anda bisa berkunjung ke paketseminar.com untuk mendapatkan produk kulit sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

Salah satu produk yang berbahan kulit asli ialah tas selempang ini, memiliki satu kompartemen utama dan dua kompartemen kecil. Anda bisa menggunakan souvenir kerajinan lokal ini sebagai hadiah untuk relasi bisnis Anda dan juga karyawan berprestasi.

5. Anyaman Bambu

souvenir kerajinan lokal berupa anyaman bambu

Di tahun 2018, Indonesia merupakan penghasil bambu terbesar ketiga di seluruh dunia. Salah satu penghasil bambu terbanyak dan pusat kerajinan bambu ialah Tasikmalaya. Makanan pokok panda ini memiliki nilai estetik yang cukup tinggi. Sehingga, saat ini banyak souvenir kerajinan lokal yang menggunakan bambu sebagai bahan bakunya.

Tanaman bambu bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat wadah nasi, hiasan rumah, bahkan furniture. Bambu kini populer digunakan sebagai bahan baku kerajinan karena kuat, elastis, mudah ditemukan, dan mudah dibentuk.

6. Pahatan Kayu

souvenir kerajinan lokal berupa pahatan kayu

Indonesia dengan kekayaan alamnya menghasilkan kayu yang kuat dan tahan lama. Masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa seni yang tinggi menghasilkan kerajinan lokal pahatan kayu yang dikagumi banyak negara.

Kini, pahatan kayu tak hanya ditemukan di pintu ataupun perabotan rumah. Namun juga souvenir hasil kerajinan lokal kayu sudah banyak dijual bahkan diekspor. Souvenir kerajinan kayu lokal yang biasanya ditemui ialah topeng, wayang, dan juga lukisan ukiran.

7. Rotan

souvenir kerajinan lokal berupa rotan

Selain bambu, tanaman yang dijadikan sebagai bahan baku souvenir kerajinan lokal ialah rotan. Rotan merupakan tanaman merambat yang termasuk dalam palem-paleman. Tanaman ini kuat dan lentur, sehingga sangat mudah dibentuk.

Rotan sudah lama menjadi bahan baku perabotan rumah tangga dan juga mainan anak karena tahan lama. Rotan sudah bertransformasi menjadi bahan baku souvenir seperti tas, alas gelas, lampu, tikar dan tudung saji.

Produk yang terbuat dari rotan, tak hanya memiliki nilai estetik dan seni yang tinggi. Namun juga tahan lama. Kini, sudah souvenir kerajinan lokal berbahan rotan ini sudah ada di mana-mana dan berdesain trendy.

8. Gerabah

souvenir kerajinan lokal berupa gerabah

Salah satu kerajinan lokal yang sering dijadikan souvenir dan cinderamata ialah gerabah. Gerabah merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat. Membutuhkan waktu dan keahlian untuk membuat souvenir gerabah.

Salah satu tempat yang bisa Anda temukan souvenir kerajinan lokal gerabah ini ialah Kasongan, Yogyakarta. Produk gerabah masih diminati karena bernilai seni tinggi dan juga unik. Souvenir hasil kerajinan lokal yang terbuat dari gerabah di antaranya pot, kendi, patung, dan asbak. Anda bisa merasakan air minum lebih dingin jika menyimpan air di kendi. Tak percaya? Silahkan dicoba ya.

Souvenir atau cindera mata sudah menjadi barang wajib yang dibeli saat bertandang ke suatu daerah. Kebanyakan souvenir yang ada di Indonesia merupakan kerajinan lokal yang menggunakan bahan baku lokal. Perkembangan teknologi telah membuat segalanya mudah. Kini Anda tak perlu lagi ke daerah asal untuk mendapatkan souvenir kerajinan lokal yang diinginkan. Cukup dengan memanfaatkan jaringan internet, produk yang diinginkan sampai di rumah.

SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu di SOUVIA, #YourTrustedSouvenir